twitter
rss

INFORMASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2013/2014
Untuk formulir pendaftaran dan informasi biaya, silahkan download file dibawah ini :

Penerimaan Jalur PMDK 2013

Download Formulir PMDK 2013.RAR (Berisi Dokumen :Informasi Lengkap PMB 2013, Formulir KBAD dan KBU, Biaya Pendidikan, Pernyataan Orang Tua saat daftar dan Registrasi)
Penerimaan Jalur Prestasi 2013
Download Formulir Prestasi 2013.RAR (Berisi Dokumen : Informasi Lengkap PMB 2013, Formulir KBAD dan KBU, Biaya Pendidikan, Pernyataan Orang Tua saat daftar dan Registrasi)
Penerimaan Jalur USM 2013
Download Formulir USM 2013.RAR (Berisi Dokumen : Informasi Lengkap PMB 2013, Formulir KBAD dan KBU, Biaya Pendidikan, Pernyataan Orang Tua saat daftar dan Registrasi)
Penerimaan Jalur Undangan 2013
Download Formulir Undangan Farmasi 2013.RAR (Berisi Dokumen : Informasi Lengkap PMB 2013, Formulir KBAD dan KBU, Biaya Pendidikan, Pernyataan Orang Tua saat daftar dan Registrasi)
Download Formulir Undangan Kedokteran 2013.RAR (Berisi Dokumen : Informasi Lengkap PMB 2013, Formulir KBAD dan KBU, Biaya Pendidikan, Pernyataan Orang Tua saat daftar dan Registrasi).


Dokumen-dokumen tersebut dapat dibaca oleh software Microsoft Word dan Excel (doc,pdf) extract terlebih dahulu menggunakan RAR extractor (WINRAR) maupun ZIP extractor (WINZIP).

Untuk informasi penerimaan mahasiswa baru Universitas Jenderal Achmad Yani Tahun 2013, silahkan lihat informasi dibawah ini :

 
Penerimaan Mahasiswa Baru Angkatan 2013 / 2014


Universitas Jenderal Achmad Yani pada Tahun Akademik 2013/2014 membuka Penerimaan Mahasiswa Baru melalui Jalur PMDK, Jalur Prestasi, Jalur USM (Ujian Saringan Masuk).
  1. Fakultas Kedokteran hanya menerima pendaftar dari SMA/MA Jurusan IPA.
  2. Fakultas Teknik menerima pendaftar dari SMA/MA jurusan IPA dan SMK yang sesuai, kecuali Program Studi Teknik Industri, Teknik Mesin dan Teknik Elektro menerima juga pendaftar dari SMA/MA jurusan IPS.
  3. Fakultas MIPA menerima pendaftar dari SMA/MA jurusan IPA dan SMK yang sesuai, kecuali program studi Teknik informatika menerima pendaftar dari semua jurusan.
  4. Fakultas Ekonomi, FISIP dan Psikologi menerima pendaftar dari SMA/MA dan SMK semua jurusan. 


FAKULTAS
PROGRAM STUDI
KELAS
 
FAKULTAS
PROGRAM STUDI
KELAS
Teknik
Teknik Mesin D3 Reguler Pagi   MIPA Kimia Reguler Pagi
Reguler Sore 
Teknik Elektronika D3 Reguler pagi   Farmasi  
Reguler Sore   Reguler Pagi
Teknik Industri Reguler Pagi   Teknik Informatika S1 Reguler Pagi
Reguler Sore  
Ekonomi
Manajemen S1 Reguler Pagi
Teknik Metalurgi Reguler Pagi   Reguler Sore
Teknik Mesin S1 Bandung Reguler Pagi   Akuntansi S1 Reguler Pagi
Reguler Sore   Reguler Sore
Teknik Mesin S1 Cimahi Reguler Pagi   Akuntansi D3 Reguler Pagi
Teknik Elektro S1 Reguler Pagi  
ISIP
Ilmu Pemerintahan Reguler Pagi
Reguler Sore   Reguler Sore
Teknik Kimia S1 Reguler Pagi   Ilmu Hubungan International S1 Reguler Pagi
Reguler Sore 
Teknik Sipil S1 Reguler Pagi  
Psikologi
Psikologi Reguler Pagi
Kedokteran
Pendidikan Dokter S1 Reguler Pagi    
Pendidikan Dokter Gigi S1 Reguler Pagi  


I. PILIHAN JALUR
A. JALUR PRESTASI, terbagi menjadi 2 bagian yaitu : 
1. JALUR PRESTASI I 
FASILITAS
  1. Bebas Biaya Pendaftaran
  2. Fasilitas Beasiswa PRESTASI I sbb :
Beasiswa berupa potongan 75% BPU (Biaya Pengembangan Universitas)
CATATAN JALUR PRESTASI I : 
  1. Berlaku bagi semua program studi, kecuali Fakultas Kedokteran, Fakultas Psikologi dan Program Studi Farmasi.
  2. Tahun kelulusan pendaftar tidak dibatasi.
  3. Pernah memiliki prestasi Rangking 10 besar di kelas X, atau Kelas XI, atau kelas XII di SMA/SMK/MA (Prestasi Akademik), atau
  4. Selama di SMA/SMK/MA pernah memiliki Prestasi dalam bidang Olah Raga, Kesenian, Lomba Karya Ilmiah (Kimia, Fisika, Matematika, Biologi, Ekonomi, Komputer dll.) pada tingkat Internasional, Nasional, Propinsi, Kota/Kabupaten (Prestasi Non Akademik).

2. JALUR PRESTASI II 
FASILITAS
  1. Bebas Biaya Formulir Pendaftaran
  2. Fasilitas Beasiswa PRESTASI II sbb:
Beasiswa berupa potongan 50% BPU (Biaya Pengembangan Universitas)
CATATAN JALUR PRESTASI II : 
  1. Berlaku bagi semua program studi, kecuali Fakultas Kedokteran, Fakultas Psikologi, Program Studi Farmasi dan Program Studi Manajemen.
  2. Tahun kelulusan pendaftar tidak dibatasi.
  3. Memiliki nilai rata-rata >= 70 di Rapor kelas X dan Kelas XI untuk semua mata pelajaran bagi pendaftar yang berstatus siswa kelas XII pada tahun ajaran 2012/2013.
  4. Memiliki nilai rata-rata >= 70 di Rapor kelas X, XI dan Kelas XII untuk semua mata pelajaran atau pada Ijazah SMA/SMK/MA bagi pendaftar lulusan tahun 2012 dan sebelumnya.
 
PERSYARATAN JALUR PRESTASI I dan II : 
  1. Mengisi formulir Pendaftaran online melalui Internet pada situs :www.unjani.ac.id
  2. Menyerahkan Fotokopi Rapor kelas X, XI dan kelas XII yang telah dilegalisir Kepala Sekolah.
  3. Menyerahkan surat keterangan ranking 10 besar yang telah dilegalisir Kepala Sekolah (untuk Jalur Prestasi Akademik).
  4. Menyerahkan Fotokopi Sertifikat Prestasi yang telah dilegalisir oleh yang berwenang (sekolah atau instansi pemberi sertifikat prestasi) untuk pendaftar Jalur Prestasi Non Akademik.
  5. Menyerahkan Fotokopi Ijazah dan Nilai yang telah dilegalisir Kepala Sekolah.
  6. Menyerahkan Pasfoto berwarna ukuran 2 x 3 cm sebanyak 2 (dua) lembar.
  7. Mengisi dan menyerahkan Formulir Surat Pernyataan Orangtua/Wali.
  8. Mengisi dan menyerahkan Formulir KBAD / KBU (khusus pendaftar dari KBAD / KBU).


B. JALUR USM (Ujian Saringan Masuk)
  • Kelompok Pilihan :
    1. Kelompok IPA : Pilihan terhadap satu, dua atau tiga program studi dari Fakultas Teknik, MIPA, Kedokteran, Psikologi
    2. Kelompok IPS : Pilihan terhadap dua atau tiga program studi dari Fakultas Ekonomi dan FISIP.
    3. Kelompok IPC : Pilihan terhadap dua atau tiga program studi dari Kelompok IPA dan IPS.
  • Mata Uji :
    1. Kemampuan Dasar : Matematika Dasar, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris
    2. Kemampuan IPA : Matematika IPA, Fisika, Kimia, Biologi dan IPA-Terpadu
    3. Kemampuan IPS : Geografi, Sejarah, Ekonomi Sosial dan IPS-Terpadu

PERSYARATAN JALUR USM :  
  1. Membayar Biaya Pendaftaran :
    1. Kelompok IPA / IPS / IPC untuk pilihan Non Fak. Kedokteran : Rp 150.000,-
    2. Kelompok IPA untuk pilihan Fak. Kedokteran / IPC Fak. Kedokteran : Rp 300.000,-
  2. Biaya pendaftaran belum termasuk biaya Psikotest, Psikometrik atau Aptitude Test.
      1. Bagi pendaftar yang memilih Fakultas Kedokteran umum dan kemudian lulus seleksi akademik, akan dikenakan biaya tambahan untuk mengikuti pemeriksaan Psikometriksebesar Rp 300.000,-
      2. Bagi pendaftar yang memilih Fakultas Kedokteran gigi dan kemudian lulus seleksi akademik akan dikenakan biaya tambahan untuk mengikuti pemeriksaan Psikometriksebesar Rp 250.000,-
      3. Bagi pendaftar yang memilih Fakultas Psikologi dan kemudian lulus seleksi akademik akan dikenakan biaya tambahan untuk mengikuti pemeriksaan Psikologi Rp 150.000,-
     Biaya Pendaftaran disetor atau ditransfer ke Bank BNI Cabang Cimahi dengan No. Rekening : 0103948211 atas nama YAYASAN KARTIKA EKA PAKSI.
  1. Tahun kelulusan pendaftar tidak dibatasi, kecuali untuk Fakultas Kedokteran hanya menerima pendaftar berstatus siswa kelas XII pada tahun ajaran 2012/2013 atau lulusan tahun 2012 atau tahun 2011.
  2. Mengisi formulir Pendaftaran online melalui Internet pada situs : www.unjani.ac.id.
  3. Menyerahkan Bukti Setoran Biaya Pendaftaran
  4. Menyerahkan Fotokopi Ijazah dan Nilai yang telah dilegalisir Kepala Sekolah atau Surat Keterangan dari Sekolah.
  5. Menyerahkan Pasfoto berwarna ukuran 2 x 3 cm sebanyak 2 (dua) lembar.
  6. Mengisi dan menyerahkan formulir surat pernyataan sumbangan sukarela (khusus pendaftar Fakultas Kedokteran dan Program Studi Farmasi).
  7. Mengisi dan menyerahkan formulir KBAD / KBU (khusus pendaftar dari KBAD / KBU).
  8. Mengikuti dan lulus Ujian Saringan Masuk (USM) UNJANI
  9. Menyerahkan Fotokopi bukti izin melanjutkan pendidikan di Indonesia dari Dikti dan Dirjen Keimigrasian bagi calon mahasiswa dari Luar Negeri (dapat menyusul).

II. PROSES SELEKSI DAN PENGUMUMAN 
  1. Seleksi berdasarkan prestasi terbaik sesuai daya tampung program studi pilihan.
  2. Khusus Fakultas Kedokteran dan Fakultas Psikologi ada dua jenis seleksi, yakni seleksi Akademik dan psikotest. calon mahasiswa Fakultas Kedokteran akan diseleksi kembali melalui pemeriksaan psikologi dan psikometrik (bagi yang memilih Pendidikan Dokter) atau pemeriksaan Psikometrik dan Aptitude test (bagi yang memilih Pendidikan Dokter Gigi). sedangkan pendaftar Fakultas Psikologi setelah lulus seleksi Akademik akan diseleksi kembali melalui pemeriksaan Psikologi. 
  3. Bagi yang diterima akan diumumkan lewat Internet di Situs www.unjani.ac.id atau dihubungi melalui Surat dan Telepon, atau diumumkan di Kampus UNJANI Cimahi dan Bandung, atau menghubungi via telepon ke Sekretariat PMB UNJANI dengan nomor: (022) 6610223.
  4. Bagi pendaftar yang tidak lulus pada Ujian Nasional (UN) maka pendaftar yang sudah lulus seleksi, diberi kesempatan sampai lulus pada Ujian Persamaan tahun 2013. Jika pada Ujian Persamaan tetap dinyatakan tidak lulus, maka pendaftar tersebut dinyatakan gugur dan kewajiban yang sudah dibayarkan ke Universitas Jenderal Achmad Yani tidak dikembalikan.


III. JADWAL PENDAFTARAN, SELEKSI, PENGUMUMAN DAN REGISTRASI
 
 
No.
Jalur Masuk
Pendaftaran
Seleksi
Pengumuman
Khusus Fak. Kedokteran & F.Psikologi
registrasi
Psikotest 
Pengumuman

           
 
1
Jalur Prestasi 3 Des 2012 - 31 Jul 2013
dilaksanakan secara periodik sepanjang masa pendaftaran*)
setiap tanggal 15     paling lambat : 23 Aug 2013
2
Jalur USM Periode Mei 2013 11 Maret - 3 Mei 2013 Minggu **) 5 Mei 2013 8 Mei 2013 Minggu 12 Mei 2013 22 Mei 2013
10-24 Mei 2013
FK, F.Psi : 23- 31 Mei 2013
 

Keterangan : (*) Seleksi Administratif   **) Seleksi Akademik 
FK = Fakultas Kedokteran, F.Psi = Fakultas Psikologi


IV. TATACARA PENDAFTARAN 

Pendaftaran dapat dilakukan dengan cara : 
  1. Melalui Internet pada situs : www.unjani.ac.id dengan mengisi content Pendaftaran Online secara lengkap serta melakukan Register hingga mendapat Nomor Referensi dan selanjutnya :
    1. Untuk Jalur PMDK dan Jalur Prestasi :
      Menyerahkan / mengirimkan berkas persyaratan ke Sekretariat sesuai jadual pada tabel butir III, dengan mencantumkan Nomor Referensi dipojok kiri atas amplop / map. *KETERANGAN : BILA PENDAFTAR MENDAPAT PEMBERITAHUAN PEMBAGIAN WARNA MAP DALAM HALAMAN KODE REFERENSI DALAM PROSES PENDAFTARAN ONLINE, DIABAIKAN SAJA.
    2. Untuk Jalur USM :
      Menyerahkan / mengirimkan berkas persyaratan ke Sekretariat sesuai jadwal pada tabel butir III, dengan mencantumkan Nomor Referensi dipojok kiri atas amplop / map serta dilengkapi bukti pembayaran asli biaya pendaftaran dari Bank BNI.

    3. Alamat Sekretariat Pendaftaran Mahasiswa Baru Unjani Kampus Cimahi & Kampus Bandung :
      Kampus Cimahi : Jl. Terusan Jend. Sudirman Cimahi
      Kampus Bandung : Jl. Terusan Gatot Subroto (berdampingan dengan PT. PINDAD) Bandung

  2. Melalui Pos, dapat di kirim ke alamat :
    PANITIA PENERIMAAN MAHASISWA BARU (PMB) UNJANI d.a. BAA UNJANI
    JL. TERUSAN JEND. SUDIRMAN PO BOX 148 CIMAHI 40533 TELP./FAX. (022) 6610223

    Bagi peserta yang mengirimkan berkas persyaratan via pos, harap mencantumkan alamat lengkap dan nomor Telepon yang bisa dihubungi.


V. PERSYARATAN SAAT REGISTRASI/DAFTAR ULANG 
  1. Lulus seleksi
  2. Fotokopi Bukti Pembayaran Biaya Pendidikan.
  3. Surat Keterangan Bebas Narkoba dari Laboratorium Klinik atau Laboratorium Rumah Sakit atau Laboratorium Puskesmas.
  4. Surat keterangan sehat dari dokter.
  5. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) atau Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB) dari sekolah. 
  6. Surat Keterangan Tidak Buta Warna bagi Program Studi Teknik Kimia, Teknik Elektro, Teknik Metalurgi, Fisika, Kimia, Farmasi dan Fakultas Kedokteran.
  7. Fotokopi Ijazah / Surat Keterangan Lulus SMA / MA / SMK yang telah dilegalisir Kepala Sekolah sebanyak 1 (satu) lembar.
  8. Pasfoto Berwarna ukuran 2 x 3 dan 3 x 4 masing-masing sebanyak 2 (dua) lembar. 


VI. KETENTUAN PEMBAYARAN BIAYA PENDDIKAN 
  1. Biaya pendidikan, terdiri atas :
  2. BPU : Biaya Pengembangan Universitas, dibayar hanya satu kali selama pendidikan di UNJANI.
    BPP : Biaya Penyelenggaraan Pendidikan, dibayarkan setiap awal semester.
    BOK : Biaya Operasional Kuliah, dibayarkan setiap semester dengan hitungan SKS (Satuan Kredit Semester)
    Rincian lengkap, dapat dilihat pada lampiran biaya pendidikan.

  3. Biaya Pendidikan disetor atau ditransfer ke Bank BNI Cabang Cimahi dengan No. Rekening : 0103948211 atas nama YAYASAN KARTIKA EKA PAKSI.

VII. KETENTUAN PENGEMBALIAN BIAYA PENDIDIKAN;

Bagi Mahasiswa Baru yang telah melaksanakan registrasi (daftar ulang), dan kemudian mengundurkan diri, pengembalian biaya pendidikan harus memenuhi ketentuan sebagai berikut :  
  1. Mengundurkan diri karena alasan diterima di Perguruan Tinggi Negeri melalui Jalur Ujian Tulis SNMPTN dan Jalur Undangan SNMPTN tahun 2013, dan bukan jalur mandiri yang diselenggarakan masing-masing PTN dengan ketentuan :

  2. Periode Pelaporan Pengunduran Diri Sejak Diumukannya Hasil Ujian Tulis SNMPTN / Jalur Undangan SNMPTN 2013
    Besarnya Potongan
    Hari ke-1 s.d hari ke-7
    20% dari kewajiban angsuran 1
    Hari ke-8 dan seterusnya
    100% dari kewajiban yang telah dibayarkan kepada pihak UNJANI

  3. Pengunduran diri di luar alasan tersebut di atas (butir 1), tidak dapat dipertimbangkan untuk pengembalian biaya pendidikan yang telah dibayarkan kepada pihak UNJANI baik untuk angsuran 1, angsuran 2, angsuran 3 atau angsuran 4.
  4. Mengundurkan diri karena alasan diterima di Perguruan Tinggi Negeri melalui Jalur Ujian Mandiri, Jalur Ujian Lokal, Jalur Paralel dan sejenisnya atau diterima di Perguruan Tinggi Swasta, Perguruan Tinggi Luar Negeri, dsb., maka biaya pendidikan yang telah dibayarkan kepada pihak UNJANI baik untuk angsuran 1, angsuran 2, angsuran 3 atau angsuran 4 tidak dapat dikembalikan.
  5. Prosedur pelaporan pengunduran diri :
    1. Mengajukan surat pengunduran diri kepada Rektor cq. Ketua PMB Unjani.
    2. Melampirkan bukti diterima di Jalur Ujian Tulis SNMPTN atau Jalur Undangan SNMPTN tahun 2013 berupa pengumuman di Koran-asli.
    3. Melampirkan fotokopi Kartu Peserta Jalur Ujian Tulis SNMPTN atau Jalur Undangan SNMPTN tahun 2013.
    4. Melampirkan bukti pembayaran (asli) yang telah dilakukan pada saat registrasi ke Unjani.
    5. Melampirkan Kartu Tanda Registrasi (KTR) asli yang telah diterima dari Unjani.
VIII. FASILITAS KBAD (Keluarga Besar Angkatan Darat) / KBU (Keluarga Besar UNJANI) 


Bagi pendaftar yang berasal dari KBAD/KBU dapat mengikuti Program Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Unjani melalui jalur PMDK, Jalur Prestasi atau Jalur USM asalkan dapat memenuhi persyaratan yang sesuai dengan masing-masing Jalur. Fasilitas pada masing-masing Jalur akan ditambah dengan kemudahan sebagai berikut : 
  1. Bebas Biaya Formulir Pendaftaran untuk Jalur USM. 
  2. Selain Beasiswa pada butir IA, B juga diberikan beasiswa berupa potongan 20% BPP (Biaya Penyelenggraan Pendidikan) per semester selama mengikuti pendidikan di Unjani. 

KRITERIA KBAD & KBU
  1. KBAD adalah anggota TNI-AD atau PNS TNI AD; anak atau isteri TNI AD/ PNS TNI AD / Purnawirawan TNI AD/ Pensiunan PNS TNI AD.
  2. KBU adalah pegawai tetap atau anak/isteri pegawai tetap Unjani. 

Keanggotaan seperti tersebut di atas, dibuktikan dengan fotokopi kartu anggota seperti tersebut pada butir 1 dan 2 dan kartu keluarga tersebut pada butir 1 dan 2 dengan menunjukkan aslinya kepada petugas pendaftaran.
 
 
Cimahi,   Januari 2013
          Ttd
 
  Panitia PMB Unjani